Informasi

INFORMASI UMUM

Silabus ma’had disusun berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah sebagaimana diterapkan di Universitas Islam Madinah dan Universitas Imam Muhammad bin Saud Riyadh yang berorientasi pada 4 keterampilan dasar berbahasa Arab yaitu maharatul istima’ (kemampuan menyimak), maharatul kalam (kemampuan berbicara), maharatul qiraah (kemampuan membaca) dan maharatul kitabah (kemampuan menulis). Oleh karena itu kurikulum dan buku-buku yang digunakan mengacu pada Lembaga Ilmu pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta yang merupakan Lembaga pendidikan resmi filial dari Universitas Imam Muhammad bin Saud Riyadh Arab Saudi.

 

Ma'had Ali Bin Abi Thalib menyelenggarakan empat program  Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam sebagai berikut :

A.Program I’dad Lughowy

Program ini diperuntukkan bagi kalangan umum baik yang telah memiliki dasar pengetahuan bahasa arab maupun yang sama sekali belum memiliki dasar bahasa arab. Peserta program ini minimal telah lulus dari SMU/MA sederajat. Para lulusan sarjana dari berbagai disiplin ilmu sangat dianjurkan untuk masuk dalam program ini. Program I'daad Lughowy terdiri dari Kelas Persiapan, Level I, II, III dan IV. Mahasiswa dapat mengikuti program ini mulai dari level tertentu sesuai dengan hasil ujian seleksi.

B. Program Takmily

Program ini merupakan lanjutan dari Program I’daad Lughowy yang bertujuan untuk menyempurnakan penguasaan  Bahasa Arab. Program ini dilaksanakan selama 1 tahun ( 2 Semester) dan dibuka apabila jumlah mahasiswa /peserta  minimal 20 orang.

C. Program Al Arabiyyah Baina Yadaika ( ABY )

Program ini diperuntukan bagi mahasiswa yang tidak bisa mengikuti ProgramI’daad Lughowy dikarenakan suatu hal. Program ini dilaksanakan pada sore hari dengan 3 kali pertemuan per pekan. Persyaratan khusus pada program ini adalah mahasiswa harus memiliki rekomendasi dari Persyarikatan Muhammadiyyah. Program ini dibuka apabila jumlah mahasiswa /peserta  minimal 20 orang.

D. Program S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam Kelas Internasional (IPICOM)

Program ini merupakan program integrasi akademik Ma'had dengan Program Studi KPI UMY. Mahasiswa Ma'had dapat mengambil program ini jika telah mencapai level III dan IV. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk belajar di Ma'had  sekaligus mengambil program S1 UMY dalam waktu yang bersamaan.

 

 

Perkuliahan dilaksanakan pada hari Senin sampai dengan Jum'at secara intensif 5 jam per hari. Perkuliahan sesi putri dilaksanakan pada waktu pagi sedangkan sesi putra dilaksanakan pada waktu sore.

 

Placement test (tahdidul mustawa) diselenggarakan bagi mahasiswa baru untuk mengukur level kemampuan bahasa Arab dan pengetahuan dasar keislaman. Hasilnya akan menjadi dasar penentuan level/semester mahasiswa baru.